.

.

MENGAPA MEMILIH KANDANG BATTERY ( KELEBIHAN DAN KEKURANGANNYA)


kandang layer
Kandang adalah salah satu kebutuhan penting dalam bisnis peternakan. Fungsi utama kandang adalah untuk menjaga supaya ternak tidak berkeliaran dan memudahkan pemantauan serta perawatan ternak. Terdapat banyak sekali jenis kandang, baik berdasarkan tipe maupun bahan yang digunakan untuk membuat kandang tersebut, sedangkan penggunaannya disesuaikan dengan kebutuhan. secara tidak langsung kandang juga mempengaruhi kualitas dan kuantitas hasil peternakan. Kandang yang fungsional akan menambah pendapatan bagi para pemiliknya.
Kandang battery adalah kandang yang umumnya digunakan untuk pemeliharaan ayam layer dewasa setelah sebelumnya ayam berada pada kandang postal. Kandang battery berbentuk kotak atau sangkar (cage) terbuat dari kawat atau bilah-bilah bambu, reng dan kayu (kaso). Ukuran sangkar bervariasi (lebih jelasnya dapat meng KLIK Link ini) yang ditata secra bersambungan satu sama lain, sehingga membentuk unit-unit memanjang yang mampu menampung ayam hinggas ratusan dan bahkan ribuan ekor.
Kandang battery ini memiliki sistem ventilasi yang angat baik, karena udara leluasa masuk kedalam setiap sangkar. Udara dapat bertiup pada setiap ekor ayam, bbaik dari samping maupun bawah, karena battery ditempatkan minimal 40cm dari permukaan lantai. Kondisi ventilasi pada kandang battery yang baik, memungkinkan kandang mampu menampung populasi ayam lebih banyak daripada lantai litter dengan luas kandang yang sama. Disamping memiliki segi-segi yang menguntungkan bagi peternak, kandang battery ini juga memiliki kekurangan-kekurangan yang harus diantisipasi.
Keuntungan:
  1. Ventilasi alamiah berlangsung lancar,sehingga memungkinkan ayam merasa lebih nyaman.
  2. Kemungkinan terjadinya sifat kanibalis atau saling mematuk pada ayam dapat dicegah.
  3. Pengawasan terhadap ayam-ayam yang sakit mudah dilakukan.
  4. Pencatatan dan pengontrolan terhadap produksi, demikian pula dengan pakan yang dihabiskan mudah dilakukan.
  5. Ayam tidak mudah kehilangan energi.
  6. Produksi telur selalu dalam kondisi bersih (tidak terkena kotoran ataupun sisa pakan)
Kekurangan:
  1. Investasi awal dalam pembuatan kandang lebih tinggi
  2. Jika terlambat membersihkan kotoran, akan mengundang banyak lalat dan bau yang tajam.
  3. Jika penyusunan ransum kurang baik, ayam akan cepat menderita penyakit defisiensi.
  4. Mudah terjadi kelumpuhan, jika ayam yang dimasukan dalam kandang battery tersebut belum waktunya, karena uratnya masih lemah.
Sebelum kandang battery dipasang, terlebih dahulu harus dibangun kandang utama yang terdiri atas tiang dan atap, yang berfungsi melindungi kandang battery tersebut. Kandang battery ini sebenarnya termasuk kandang yang paling sederhana, karena yang diperlukan hanyalah tiang-tiang dan atap. Lantai kandang cukuplah dari tanah saja tanpa adukan pasir dan semen, sehingga mudah meresap kotoran cair. Kandang bisa dibuat tanpa dinding, karena ayam berada didalam battery terus menerus.
Share this article :

Post a Comment

semoga bisa bermanfat.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. FedcoSierra - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger