UKURAN KANDANG BATERAY YANG LAZIM DIGUNAKAN DI INDONESIA

Kandang baterai merupakan kandang yang lazim digunakan pada peternaan ayam layer/ ayam petelur. Kandang baterai ini memiliki sistem ventilasi yang angat baik, karena udara leluasa masuk kedalam setiap sangkar. Udara dapat bertiup pada setiap ekor ayam, bbaik dari samping maupun bawah, karena baterai ditempatkan minimal 40cm dari permukaan lantai. Kondisi ventilasi pada kandang baterai yang baik, memungkinkan kandang mampu menampung populasi ayam lebih banyak daripada lantai litter dengan luas kandang yang sama.


Ukuran Kandang Baterai yang lazim digunakan untuk standard peternakan di Indonesia.
  1. ImageUkuran 110cm x 42cm x 35cm x 37cm (P x Tdpn x L x Tblk), (kemiringan 9 derajat). Dengan ukuran standard cukup untuk 8 ekor ayam per set-nya. Terdiri dari 4 pintu yang masing2 sekat dapat diisi 2 ekor ayam. Dalam kondisi ini kepala ayam berada di dalam.
  2. ImageUkuran 110cm x 35cm x 35cm x 28cm, (kemiringan 9 derajat). Dengan ukuran kecil ini juga untuk 8 ekor ayam per set-nya. Terdiri dari 4 pintu yang masing2 sekat dapat diisi 2 ekor ayam, tetapi kondisi ini kepala ayam berada di luar.
  3. ImageUkuran 120cm x 42cm x 35cm x 37cm, 6 pintu, (kemiringan 9 derajat). Ukuran ini diperuntukkan 6 ekor ayam per set-nya. Jadi 6 pintu yang masing2 sekat hanya dapat diisi seekor ayam, sehingga kita dapat mengetahui produktivitas & mutu telur yang dihasilkan masing-masing ayam.
  4. ImageUkuran 120cm x 35cm x 35cm x 28cm, 6 pintu, (kemiringan 9 derajat). Ukuran ini diperuntukkan 6 ekor ayam per set-nya. Jadi 6 pintu yang masing2 sekat hanya dapat diisi seekor ayam, ini adalah versi minimalis dari no.3.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "UKURAN KANDANG BATERAY YANG LAZIM DIGUNAKAN DI INDONESIA"

  1. info yg sangat bermanfaat,... Thx

    ReplyDelete
  2. gan maaf nanya . Kira 2 kalo 500. Ayam + kandang .modal abis berapa. Ayam yang siap bertelor.

    ReplyDelete

semoga bisa bermanfat.