PENTINGNYA PERANAN DOKTER HEWAN DALAM MENSUKSESKAN SWASEMBADA SAPI

Informasi ini ane bisa menjadi angin segar bagi dokter hewan yang baru lulus ataupun yang terancam jadi pengangguran seperti ane (ceritanya pada episode berikut).

Jakarta - Program pemerintah menargetkan swasembada daging dan sapi pada tahun 2014 harus diimbangi oleh jumlah dokter hewan dalam negeri. Jumlah dokter hewan yang menanggulangi hewan ternak mengidap penyakit masih sagat kurang.
Wakil Menteri Pertanian Bayu Krisnamurthi menegaskan, Indonesia sebenarnya mampu untuk mencapai swasembada sapi, namun untuk menyediakan sumber daya manusia dokter hewan masih perlu untuk ditambah lebih banyak.
"Kalau hitung-hitungannya, kita mungkin swasembada sapi, tapi kita sudah swasembada dokter hewan belum?" tanyanya dalam pembukaan forum 'Bedah Masalah dan Rancang Bangun Kebijakan Supply Demand Daging Sapi/Kerbau Indonesia' di Kementerian Pertanian, Jakarta, Kamis (27/7/2011).

Menurut Bayu, apabila nanti Indonesia akhirnya mampu swasembada sapi, pastinya jumlah sapi di Indonesia akan semakin bertambah. Dengan begitu, populasi sapi di Indonesia akan semakin tersebar yang membutuhkan penanganan kesehatan.
"Berapa banyak pos pemeriksaan kesehatan yang harus ada," ujarnya.
Bayu menambahkan, untuk urusan kesejahteraan hewan (animal welfare), Indonesia masih jauh dari kata baik. Beberapa pengalaman yang pernah dialami oleh Indonesia, banyak sapi yang diperlakukan dengan tidak baik. Misalnya penanganan saat turun dari kapal pengangkutan, sapi diikat pada tanduknya dan banyak sapi yang terjatuh dan tanduknya lepas.
"Kita masih harus begitu banyak yang kita kerjakan untuk animal welfare," imbuhnya.
Untuk itu Bayu menginginkan, program swasembada ini bukan hanya tugas Kementerian Pertanian. Namun Bayu juga mengajak pihak terkait untuk ikut serta, diantaranya persatuan dokter hewan.
"Swasembada tidak hanya cukup menghitung angka tapi juga platform. Hal itu tidak hanya cukup di Kementrian Pertanian, Dirjen pertanian, Badan karantina. Harus mengajak dokter dan lain-lain," ucapnya.
sumber : detik.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PENTINGNYA PERANAN DOKTER HEWAN DALAM MENSUKSESKAN SWASEMBADA SAPI"

Post a Comment

semoga bisa bermanfat.