MEMILIH DOC (ANAK AYAM) YANG BAIK

Para pembaca sekalian. Pemilihan DOC yang baik cukup berperan penting dalam menunjang keberhasilan peternakan broiler. Jika DOC yang anda pilih jelek maka SANGAT SULIT kesuksesan anda dapatkan. Walaupun pakan yang anda berikan merupakan “pakan super” sekalipun dan kandang yang anda berikan senyaman “hotel bintang lima” maka hal itu tidak akan berpengaruh banyak pada performa atau pertumbuhan broiler anda. 




Jika DOC yang anda pilih adalah DOC yang buruk kualitasnya maka kemungkinan yang akan anda hadapi adalah :

  1. Tingkat kematian tinggi
  2. Ayam gampang sakit
  3. Pertumbuhan tidak merata
  4. FCR tinggi
  5. Ujung-ujungnya Anda merugi
Jadi, telitilah dalam memilih DOC, jangan tergiur dengan harga yang murah saja. Mendingan tunda dahulu pemeliharaan jika dipasaran tidak tersedia DOC dengan kualitas baik, karena jika anda memaksakan memasukan DOC dengan kualitas buruk maka anda seolah-olah sedang mungundi nasib. Nah, mungkin anda penasaran… bagaimana cara memilih DOC yang baik, berikut sedikit saja informasikan.
  1. Berasal dari pembibitan yang berpengalaman, sudah terkenal dengan kualitas produknya. Saat ini banyak pembibitan baru yang mulai bermunculan dengan menawarkan harga DOC yang cukup murah. Akan tetapi, sebagaimana kita ketahui bersama bahwa untuk menghasilakan DOC yang berkualitas dibutuhkan proses seleksi induk yang ketat dan panjang, hal ini tentunya membutuhkan waktu yang cukup lama. Selain itu, semakin representative sarana dan prasarana pembibitan juga menentukan dalam menghasilakn DOC yang bebas dari penyakit infeksius maupun penyakit turunan (genetic).
  2. Berasal dari indukan yang matang umurnya. Induk muda cenderung menghailkan DOC yang lebih kecil dan sulit mencapai Berat Badan yang standar. Oleh karena itu, DOC dari induk muda cenderung di jual lebih murah. Sebenarnya, DOC dari indukan muda ini mempunyai pasaran khusus, yaitu pasar yang membutuhkan DOC dengan berat sekitar 0,8 kg
  3.  DOC terlihat aktif, mata cerah dan lincah
  4. Kaki besar, basah dan seperti berminyak
  5. Anus bersih, tidak ada kotoran atau pasta
  6. Berat badan sesuai standar strain. Umunya berat standarnya adalah 37 gram
Pemilihan DOC yang baik memang sangat penting, namun jika DOC yang baik tersebut tidak dipelihara dengan cara yang baik maka hasil yang optimal pun tidak akan diperoleh. Untuk itu, sinergisitas atau perpaduan berbagai aspek managemen pemeliharaan sangat penting dilakukan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "MEMILIH DOC (ANAK AYAM) YANG BAIK"

Post a Comment

semoga bisa bermanfat.