DAMPAK MIKOTOKSIN TERHADAP KESEHATAN DAN PRODUKTIVITAS HEWAN SERTA SOLUSI PENANGGULANGANNYA

 DAMPAK MIKOTOKSIN TERHADAP KESEHATAN DAN
PRODUKTIVITAS HEWAN SERTA SOLUSI PENANGGULANGANNYA


Mikotoksin merupakan kontaminan alami yang memiliki dampak yang negatif tehadap keamanan pangan dan pakan secara global. Mikotoksin adalah komponen yang diproduksi oleh fungi yang telah terbukti bersifat toksik dan karsinogenik terhadap manusia dan hewan. Kondisi lingkungan seperti temperatur dan kelembaban yang tinggi, investasi serangga, proses produksi, panen dan penyimpanan yang kurang baik akan menyebabkan tingginya konsentrasi mikotoksin pada bahan baku pangan/pakan yang dapat menyebabkan timbulnya wabah penyakit (Vardon, et al., 2003).
Mikotoksikosis adalah keracunan yang diakibatkan oleh mikotoksin. Gejala yang timbul pada hewan tergantung dari status kesehatan hewan secara umum, umur, jenis kelamin, kecukupan nutrisi dalam pakan, kondisi lingkungan sekitar, stres akibat penyakit dan jumlah, tipe serta durasi terpapar oleh mikotoksin.
Pada konsentrasi yang tinggi, mikotoksin akan menyerang secara langsung organ spesifik seperti hati, ginjal, saluran pencernaan, sistem syaraf dan saluran reproduksi. Sedangkan pada konsentrasi yang rendah, mikotoksin dapat menurunkan pertumbuhan dan mengganggu kekebalan terhadap penyakit, menjadikan hewan ternak lebih rentan terhadap penyakit dan mengalami penurunan produktivitasnya (Munkvold, et al, 1997).
Dampak negatif dari mikotoksin langsung terjadi sesaat setelah hewan mengkonsumsi pakan yang terkontaminasi. Mikotoksin akan menginduksi terjadinya kerusakan pada intestinal dengan cara degenerasi sel epitel, inflamasi, perlukaan dan hemoragi. Hal ini akan berdampak secara primer terhadap fungsi barrier dari epitel saluran pencernaan (Mahfoud, et al., 2002), meningkatkan suseptibilitas terhadap infeksi (Fukata, et al., 1996; Stoev, et al., 2000; Tai, et al., 1998), meningkatkan kolonisasi bakteri patogen pada saluran pencernaan (Oswald, et al., 2003) dan jika terserap mikotoksin akan menyebabkan kerusakan pada organ spesifik seperti hati, ginjal, saluran pencernaan, sistem syaraf dan saluran reproduksi.
Hal ini menunjukkan betapa pentingnya pencegahan terjadinya kerusakan pada saluran pencernaan dan organ spesifik lainnya dengan cara mengikat dan mencegah mikotoksin tersebut terserap oleh saluran pencernaan dan masuk ke dalam peredaran darah.
AB20 merupakan mikotoksin binder yang efektif mengikat mikotoksin dan mencegahnya diserap oleh saluran pencernaan. Bentuk AB20 yang halus, menyediakan luas permukaan yang lebih banyak dengan mikotoksin dan muatan elektrostatik positif pada permukaan molekulnya akan menarik muatan elektrostatik negatif pada permukaan molekul mikotoksin dan mengikatnya sehingga mencegah mikotoksin tersebut terserap oleh saluran pencernaan dan masuk ke dalam sistem peredaran darah.
Aktivitas pengikatan AB20 terhadap berbagai macam jenis mikotoksin seperti Aflatoksin, Okhratoksin, T2 Toksin, Vomitoksin, Zearolenone dan Fumonisin telah dievaluasi secara in vitro maupun in vivo dan seluruh pengujiannya dilakukan di lembaga riset universitas secara terbuka.
Pengujian di Nort Carolina State University (Hagler, 1998), menunjukan efektivitas AB20 dalam mengikat T2 Toksin, Zearolenone, Aflatoksin, Vomitoksin dan Fumonisin. Sementara pengujian lain yang dilakukan Rottinghause (2001-2008) di University of Missouri menunjukkan konsistensi pengikatan AB20 yang tetap tinggi dari tahun ke tahun terhadap berbagai macam mikotoksin tersebut. Sedangkan pengujian yang dilakukan di Texas A&M University dan North Carolina State University, Efektivitas AB20 juga terbukti lebih baik dibandingkan dengan 7 produk komersial lainnya dalam mengikat Aflatoksin (Stroud et al., 2006).
Selain efektivitasnya yang telah teruji, pengujian di Lousiana State University (Southen, et al., 1994) menunjukkan bahwa AB20 tidak mengikat nutrisi sehingga tidak akan menghambat metabolisme nutrisi dan pertumbuhan. Hasil ini semakin menunjukkan efektivitas AB20 untuk mengendalikan mikotoksin dan meningkatkan produktivitas pada berbagai ternak sapi, babi dan unggas

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "DAMPAK MIKOTOKSIN TERHADAP KESEHATAN DAN PRODUKTIVITAS HEWAN SERTA SOLUSI PENANGGULANGANNYA"

Post a Comment

semoga bisa bermanfat.