Apa Perbedaan Antara Hay dan Silase?

Apa Perbedaan Antara Hay dan Silase?


Perbedaan utama antara Hay dan silase adalah bahwa Hay dipotong dan dikeringkan untuk digunakan sebagai pakan ternak sedangkan silase adalah pakan ternak hijauan yang difermentasi yang disimpan dalam silo. Kadar air hay tidak lebih dari 12% sementara itu dalam silase adalah 40-60%.

Hay dan silase adalah dua jenis pengolahan pakan ternak yang digunakan untuk memberi makan ternak pada pada musim kemarau dan musim dingin (pada negara sub tropis) karena sulit untuk mendapatkan rumput pada saat itu. 


Apa itu Hay

Hay adalah bentuk hijauan diawetkan yang terbuat dari rumput yang telah dipotong dan dikeringkan untuk digunakan sebagai pakan ternak. Secara umum, kadar air rumput segar sekitar 80%. Jadi, nilai bahan kering/Dry material (BK) adalah 20% atau kurang. Hijauan potong dikenakan pengeringan di ladang itu sendiri memiliki tingkat kelembaban 12%. Juga, nilai BK rumput menjadi 88%.
Rumput yang di baled untuk dijadikan Hay


Apa itu Silage?
Silase adalah bentuk lain dari hijauan yang diawetkan; mengandung rumput yang dipadatkan dan disimpan dalam kondisi kedap udara dalam silo tanpa dikeringkan terlebih dahulu. Selain itu, rumput, silase dapat dibuat dari pakan hijau lainnya juga. Rumput layu atau segar dikemas kemudian dikondisikan pada lingkungan anaerob (kedap udara). Oleh karena itu, proses fermentasi dilakukan oleh aktivitas mikroba. Fermentasi karbohidrat yang larut dalam air menghasilkan asam organik seperti asam laktat dan asam asetat. Ketika asam menumpuk di dalam hijauan yang dikemas, pH campuran turun hingga menjadi tidak baik untuk pertumbuhan mikroba. Pada titik ini, hijauan siap untuk penyimpanan. Secara umum, proses ini membutuhkan waktu sekitar 21 hari untuk diselesaikan. Bal dibungkus plastik untuk mencegah masuknya udara.

Kandungan kelembaban silase harus 40-60%. Silase yang terlalu basah dapat mengalami pembusukan dan kehilangan nutrisi. Silase yang terlalu kering disebut haylage dan kadar airnya 12-40%.

Kesamaan Antara Hay dan Silase: 
  • Hay dan silase adalah metode pengawetan pakan
  • Diproduksi terutama dari rumput/ hijauan lainnya.
  • Keduanya berfungsi sebagai pakan ternak di musim kemarau panjang atau dingin.


Perbedaan Antara Hay dan Silase
  • Definisi --> Hay: Rumput yang telah dipotong dan dikeringkan untuk digunakan sebagai pakan ternak, Silase: Rumput dipadatkan dan disimpan dalam kondisi kedap udara dalam silo tanpa dikeringkan terlebih dahulu
  • Konten Kelembaban --> Hay: 12%, Silase: 40-60%
  • Nilai Dry Material --> Hay: 82%, Silase: 40-60%
Semoga Bermanfaat...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa Perbedaan Antara Hay dan Silase?"

Post a Comment

semoga bisa bermanfat.