Persiapan Sebelum Ternak Kambing Domba, Bagian I (Perkandangan)

Persiapan Sebelum Ternak Kambing Domba, 

Bagian I (Perkandangan)

Banyak orang yang bilang, kalo mau Usaha langsung terjun saja, nanti sambil jalan sambil belajar, kalo kebanyakan teori nanti ga jalan-jalan usahanya. Para Pembaca sekalian,  Hal ini tidak sepenuhnya benar, karena dalam usaha banyak sekali resiko yang mungkin terjadi dan dalam usaha juga kita mengeluarkan modal berupa uang yang cukup besar, bukan pakai daun yang tinggal petik. Lagi pula sekarang sudah banyak media informasi, tidak butuh waktu lama untuk mengumpulkan dan mengolah semua informasi tersebut. Kalo dahulu mungkin iya, untuk mengumpulkan informasi terkait sebuah usaha kita harus pontang-panting mencari kesana kemari yang ujung-ujungnya waktu habis untuk mencari informasi. Zaman sudah berubah, persaingan usaha makin ketat namun informasi mudah didapat. Pada kesempatan kali ini, kami akan sedikit berbagi informasi terkait bagaimana memulai usaha peternakan domba kambing bagi pemula. Informasi ini kami dapatkan pada grup peternak namun tidak disebutkan sumber penulisnya, semoga ilmu yang diberikan bisa barokah. oke langsung saja kita mulai dari sistim perkandangan. 

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membangun kandang kambing diantaranya adalah sebagai berikut : 

  • Pastikan kondisi kandang telah siap beserta semua pendukungnya (sistem ventilasi udara, sinar matahari, sumber listrik, sistem lampu penerangan, air bersih, tempat pakan-minum, drum plastik pengemas silase, gudang pakan, freezer-kulkas, tempat penyimpanan obat, timbangan pakan & kambing, tali-tali kambing, palu, kawat, paku, gergaji, tang, catut, linggis, sabit, dll). 
  • Kandang kambing yang ideal haruslah tipe panggung, alas terbuat dari bahan bambu dan dinding dari papan kayu yang kuat, dengan tinggi panggung 120-150cm (Gambar 1). Tipe panggung memudahkan penanganan pupuk kambing dan membantu sistem aliran udara (ventilasi) menghilangkan bau kotoran kambing.
Gambar 1. Tinggi panggung 120-150cm (tampak samping)
Gambar 1. Kandang Kambing Domba| Tinggi panggung 120-150cm (tampak samping)

  • Penempatan kambing secara simetris head to head, pintu berada di kedua sisi luar dan tempat pakan minum berada di kedua sisi dalam. Kambing 1 ekor dewasa baik jantan maupun betina membutuhkan ruang panjang  140cm, tempat pakan-minum lebar 30cm, lorong akses jalan lebar 60cm, sehingga total lebar kandang simetris adalah (140 + 30)cm x 2 =340 cm, + lebar lorong 60cm, sehingga total lebar kandang  = 400cm. Sedangkan total panjang kandang bebas sesuai panjang lahan (Gambar 2). Pintu dirancang tanpa engsel terbuat dari papan kayu dengan ukuran lebar 75cm sesuai ukuran lebar kotak individua kambing dan tingginya adalah 80cm (Gambar 3).
Gambar 2. Interior kandang  (tampak depan)

Gambar 2. Kandang Kambing Domba| Interior kandang  (tampak depan)
Gambar 3. Sistem pintu belakang tanpa engsel tinggi 80cm lebar 75cm
Gambar 3. Kandang Kambing Domba| Sistem pintu belakang tanpa engsel tinggi 80cm lebar 75cm

Kandang Kambing Domba| Kandang individu induk dg 1-2 ekor anak + tempat pakan-minum
Gambar 4. Kandang Kambing Domba| Kandang individu induk dg 1-2 ekor anak + tempat pakan-minum


  • Kambing dewasa individual membutuhkan ruang, panjang x lebar = 140 x 75 cm. Space ruang pakan 50 x 30 cm untuk tempat 1/2 jerigen vol 30L, dan ruang tempat minum 25 x 30cm diisi timba plastik tahan pecah (Gambar 4). Jika induk beranak lebih dari 2 ekor maka dibutuhkan ruang lebih lebar yaitu 2x75cm (Gambar 5). Kandang cempe lepas sapih ukuran 2x 75cm untuk kapasitas 6 ekor (Gambar 6). Kandang jantan pemacek memerlukan ukuran lebih luas, setidaknya 3 – 4 kali ukuran kandang individual dewasa (Gambar 7).
Kandang Kambing Domba| Kandang induk laktasi dengan 3 ekor anak
Gambar 5. Kandang Kambing Domba| Kandang induk laktasi dengan 3 ekor anak

 Kandang Kambing Domba| Kandang cempe lepas sapih kapasitas 6 ekor dg tempat pakan-minum

Gambar 6. Kandang Kambing Domba| Kandang cempe lepas sapih kapasitas 6 ekor dg tempat pakan-minum
Kandang Kambing Domba| Kandang pejantan pemacek 3-4x lebih luas

Gambar 7. Kandang Kambing Domba| Kandang pejantan pemacek 3-4x lebih luas
  • Lantai kandang. Lantai  kambing memiliki fungsi yang sangat penting bagi kambing untuk beraktifitas. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat lantai kandang kambing adalah sebagai berikut: Bilah-bilah bambu yang kuat, lurus, dan sudah dibersihkan agar tidak melukai kaki kambing, Potongan kayu atau reng kayu yang berukuran 2,5 cm atau 3 cm sesuai dengan kebutuhan dan kapasitas kambing, Besi berdiameter 0,3 - 1 cm yang disusun dan dilas seperti ram kawat supaya saling menyambung dan kuat, Kayu ususk atau kayu berukuran 5 cm sebagai penopang kayu reng, Balok kayu berukuran 10-20 cm sebagai penopang kayu usuk, Semen dan anyaman besi sebagai penopang dasar pembuatan kaki kandang kambing
  • Kemiringan lantai kandang kambing maksimal 15-20 derajat agar kambing tidak terlalu mengalami kesulitan dalam berpijak, lebih baik lagi joka kemiringan lantai kandang kambing 0 derajat. 
  • Lantai dasar kandang kambing dibuat semiring mungkin dengan kemiringan 30 derajat supaya mudah untuk membersihkan kotoran.
  • Desain lantai kandang kambing hendaknya jangan terlalu sulit, lebih baik mempertimbangkan kegunaan dari lantai kandang kambing dengan arah kayu reng melintang dari depan ke belakang.
  • Jarak untuk masing-masing kayu reng adalah 1,5 cm. Ini adalah ukuran paling ideal.Ukuran lantai juga harus menyesuaikan dengan umur kambing. Jangan sampai lantai kandang kambing terlalu lebar dan membuat kaki kambing terjepit atau terjatuh.

 Ukuran Ideal jarak slat lantai kandang kambing domba (Sumber : pak Sugeng)
Gambar 8. Ukuran Ideal jarak slat lantai kandang kambing domba (Sumber : pak Sugeng)
 Gambar 8. Ukuran Feces Kambing/Domba (Sumber : Pak Sugeng)
Gambar 8. Ukuran Feces Kambing/Domba (Sumber : Pak Sugeng)

  • Pisahkan antara feces dan urin agar kandang tidak berbau. Salah satu caranya adalah dengan memasang jaring dibawah kandang untuk menampung feces.




Informasi terkait perkandangan kambing tentunya bukan hanya ini saja, masih banyak hal lainnya namun karena keterbatasan kami hanya ini yang bisa kami sampaikan pada kesempatan ini. berikutnya akan kami bagikan informasi terkait pakan kambing dan domba.

Bersambung...., InsyaAllah...









Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Persiapan Sebelum Ternak Kambing Domba, Bagian I (Perkandangan)"

Post a Comment

semoga bisa bermanfat.